3 Cara Mudah Membayar Pajak Motor Secara Online

Sekarang membayar pajak motor sudah bisa dilakukan secara online. Pemerintah menghadirkan layanan ini untuk memudahkan masyarakat dalam menjalankan kewajibannya sebagai warga negara yang baik dalam hal bayar pajak motor. Tetapi untuk pembayaran pajak motor 5 tahunan belum tersedia di Samsat atau layanan pembayaran secara online. Layanan ini baru tersedia di beberapa daerah saja seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Aceh.

Selain itu juga pembayaran pajak motor secara online juga hanya bisa dilakukan jika motor milikmu tidak melakukan penggantian STNK, keadaan pengesahan STNK 1 tahun, pembayaran pajak tidak terlambat lebih dari 1 tahun, serta sesuainya nama yang tertera di STNK dan BPKB dengan yang tertera di KTP. Kendaraan juga tidak dalam keadaan hilang, rusak, lapor jual, laka, serta kriminal.

Cara pembayarannya di setiap daerah hampir sama. Kamu bisa melakukannya di ATM, Smartphone, e-samsat, atau pergi langsung ke kantor pajak. Tetapi kemungkinannya masih ada sebagian orang yang belum mengetahui cara membayar pajak motor secara online, mungkin kamu juga termasuk salah satunya.

Berikut dibawah ini 3 cara mudah membayar pajak motor secara online diantaranya yaitu : 

  1. Cara Membayar Pajak Motor Via ATM
  2. Kartu ATM dimasukkan
  3. Lalu pilih menu ‘’Bayar’’, kemudian ‘’Menu Lainnya’’
  4. Setelah itu pilih ‘’Pajak/Penerimaan Negara’’
  5. Kemudian pilih menu ‘’e-Samsat”
  6. Masukkan nomor polisi motor milikmu
  7. Bayar pajak motor
  8. Simpan struk pembayaran pajak motormu.
  9. Cara Membayar Pajak Motor Via SMS

Selain melalui ATM, kamu juga bisa membayar pajak motor melalui SMS dengan mengikuti langkah langkah dibawah ini :

  • Mengirim SMS ke nomor 08112119211 (SMS Gateway Server Dispenda Aplikasi Samsat) dengan format esamsat (nomor identitas/KTP) (email).
  • Melakukan pengecekan data Nomor Induk Kependudukan (NIK)/KTP, pencurian kendaraan bermotor (curanmor), serta blokir di server Polda.
  • Kemudian tunggu balasan SMS. Kemudian membayar pajak motor melalui ATM.
  • Setelah melakukan pembayaran, kamu akan mendapatkan SMS konfirmasi. Terakhir, kamu tinggal mengunjungi Kantor Samsat untuk menukarkan struk dengan Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD). Penukaran ini hanya berlaku dalam jangka waktu 14 hari saja.
  • Cara Membayar Pajak Motor Via e-Samsat

Dan cara terakhir membayar pajak motor secara online adalah melalui e-samsat dengan mengikuti beberapa langkah dibawah ini :

  • Mengunjungi http://samsat-pkb.jakarta.go.id/cek-ranmor+pajak-dki atau download aplikasi e-Samsat.
  • Memasukkan nomor polisi dan NIK. Kemudian kamu akan mendapatkan konversi nomor polisi.
  • Lalu membayar pajak motor melalui ATM.
  • Simpan struk pembayaran sebagai bukti bahwa kamu sudah membayar pajak motor.

Bagi mereka yang berada diluar Jakarta, maka untuk melakukan pembayaran pajak motor secara online bisa dilihat di website masing masing daerah. Pastinya dengan adanya fasilitas pembayaran pajak motor secara online ini akan memudahkan masyarakat dalam mengurus pajak motornya. Sekarang kamu tidak perlu repot repot lagi mengantri dan menunggu lama di Samsat. Hal ini juga pastinya bisa membantu masyarakat supaya tidak telat lagi membayar pajak motor.

Jadi dengan adanya kemudahan ini kamu jangan lalai lagi dalam membayar pajak motor milikmu. Ada berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan untuk diri sendiri saat tepat membayar pajak motor seperti :

  • Hati menjadi lebih tenang
  • Kendaraan akan menjadi aman saat melenggang di jalan raya
  • Keuangan akan menjadi lebih sehat
  • Dan ikut membantu pemerintah untuk mendapatkan pemasukan.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *