Pilihan Makanan Ringan Khas Indonesia Yang Nagih Banget

5 Fakta Menarik Rengginang, Makanan Gurih yang Wajib Ada Saat Lebaran

Kuliner khas Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Kuliner khas Indonesia memang menjadi hal yang tidak boleh kita lupakan. Maka dari itu kita harus terus melestarikan kuliner khas Indonesia termasuk makanan ringannya. Memang di Supermarket atau juga di minimarket, kebanyakan makanan ringan yang tersedia adalah makanan yang terinpirasi dari luar seperti doritos, taro dan lainnya. Nah sewajarnya kita lebih menyukai makanan ringan khas Indonesia. Dikarenakan makanan ringan khas Indonesia banyak sekali jenisnya. Jika anda ingin mencobanya, anda bisa membeli beberapa nama makanan khas jawa Indonesia di bawah ini.

  • Rengginang

Makanan ringan khas Indonesia yang pertama ini memang jarang sekali disukai oleh anak muda. Padahal enak sekali dan rasanya juga gurih. Rengginang adalah kerupuk yang terbuat dari ketan. Dalam proses pembuatannya ketan diberikan bahan lainnya agar gurih. Setelah itu ketan dibentuk bulat dan dijemur di bawah sinar matahari.

Rengginang sendiri ada pilihan rasa rengginang terasi atau juga udang kering. Rengginang terasi rasanya sangat gurih sekali. Anda wajib ciba rengginang udang juga karena sama gurihnya dengan rengginang terasi. Anda bisa membeli rengginang mentah di pasar tradisional atau toko kerupuk. Nah sampai di rumah, anda tinggal menggoreng rengginangnya.

  • Peyek

Pernahkah anda mendengar tentang makanan ringan yang satu ini? Peyek adalah makanan ringan yang enak dan bergizi juga karena ada tambahan bahan lainnya. Cara membuat peyek juga tidak sulit. Anda siapkan bahan tepung terigu, daun jeruk, kencur, bawang putih dan garam. untuk tambahan bahan pelengkapnya, anda bisa tambahkan kacang tanah, kacang ijo dan juga udang kecil.

Cara membuat peyek ini adalah dengan membuat bahan adonan tepungnya dahulu. Uleh bawang putih dan kencur dahulu. Setelah itu masukkan apda tepung terigu yang sudah diberikan air. Aduk hingga semuanya tercampur setelah itu masukkan daun jeruknya. Sebelunya daun jeruk diiris kecil-kecil. Nah aduk lagi hingga daun jeruknya tercampur semua. Kemudian anda masukkan kacang tanah. Kacang tanahnya bisa dibagi dua. Nah pisahkan adonan menjadi 3 tempat juga. Dua tempat lainnya dimasukka kacang ijo dan udang kecil tadi. Goreng peyek di minyak yang memenuhi wajan. Nah menggorengnya hingga matang.

  • Kerupuk Jengkol

Siapa yang tidak tahu makanan ringan yang satu ini. Semua orang Indonesia hampir seluruhnya tahu. Namun jika anda belum pernah mendengar atau mencoba. Sebagai warna negara Indonesia anda harus coba kerena enak sekali. Meskipun anda tidak suka bau jengkolnya. Kerupuk dengan jengkol ini baunya tidak tercium sama sekali. Nah untuk membuatnya sendiri di rumah memang cukup rumit jadi anda bisa membeli saja.

Kerupuk jengkol ini memang bukan jengkol utuh dibuat kerupuk. Namun jengkolnya dihaluskan dan dicampur dengan tepung untuk membuat kerupuk. Warna dari kerupuk jengkol ini sendiri adalah abu-abu biasanya. Rasanya sangat khas dan cocok untuk jadi cemilan.

  • Kerupuk Unyil

Makanan ringan khas Indonesia yang satu ini ada di seluruh kota atau desa di Indonesia. kerupuk unyil adalah kerupuk yang memang kita makan sehari-hari dengan lauk dan nasi. Kerupuk yang bentuknya seperti awan ini karena spiral disatukan. Warna dari kerupuk unyil ini memang putih dan ada juga yang putih kekuninagan. Rasa yang gurih membuat kerupuk unyil banyak disukai jadi anda wajib coba.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *