Cara Simple Untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita

corona pada sperma

Cara membuat anak, tentu bergantung pada tingkat kesuburan pada suami maupun istri juga sangat berpengaruh terhadap proses kehamilan. Sedari itu, sangat penting bagi kita untuk senantiasa menjaga tingkat kesuburan. Nah, secara kebetulan, pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa cara yang simple untuk meningkatkan kesuburan pada wanita. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasan dibawah ini.

1. Mengonsumsi Makanan yang Kaya Kandungan Antioksidan

Cara simple pertama yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kesuburan, yakni dengan mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan kandungan antioksidan. Mengapa demikian? Pasalnya, zat antioksidan ini bertugas untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh yang menjadi perusak sel sperma dan sel telur.  Tak hanya berlaku bagi wanita, makanan-makanan yang kaya akan kandungan antioksidan ini juga dapat meningkatkan kesuburan kaum pria lho. Nah, kandungan antioksidan tersebut bisa kamu jumpai pada berbagai jenis makanan, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, kentang, biji-bijian utuh, dan produk olahan susu.

2. Hindari Makanan yang Berlemak Jenuh

Sejatinya, lemak pada sebuah makanan itu terbagi kedalam dua jenis, yakni lemak yang baik dan lemak yang jahat (jenuh). Maka dari itu, sebisa mungkin kamu harus memilih jenis lemak yang baik bagi tubuh, serta menghindari jenis lemak jenuh yang memang tidak bagus untuk kesehatan. Pada umumnya, lemak jenuh tersebut terdapat pada makanan-makanan seperti minyak sayur yang terhidrogenasi, margarine, makanan yang digoreng minyak, serta berbagai makanan cepat saji.

3. Membatasi Konsumsi Karbohidrat

Menjalani program diet rendah karbohidrat pada umumnya dilakukan oleh wanita dengan sindrom ovarium policistik (PCOS). Ya, sebab diet rendah karbohidrat ini sangat membantu dalam mempertahankan berat badan ideal dengan mengurangi kadar insulin, serta mendorong penurunan lemak, dimana semuanya itu memiliki peran penting dalam proses keteraturan siklus menstruasi. Dengan kata lain, wanita yang memiliki berat badan berlebih akan sulit untuk hamil.

4. Perbanyak Konsumsi Serat

Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa serat berfungsi untuk membantu tubuh dalam membuang hormon berlebih serta menjaga keseimbangan kadar gula darah. Tak hanya itu, kandungan serat juga diyakini mampu meningkatkan metabolisme tubuh yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh lho. Adapun mengenai beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan serat, seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan.

5. Konsumsi Potein Nabati

Terdapat dua jenis sumber protein, yaitu nabati dan hewani. Untuk men-sukseskan program kehamilan, tentu kamu harus memilih jenis protein nabati yang terdapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian. Pasalnya, protein nabati sudah terbukti efektif untuk meningkatkan kesuburan baik pada pria maupun wanita.

6. Mengonsumsi Susu yang Berlemak Tinggi

Asupan tinggi yang berasal dari susu dan produk olahan susu lainnya yang rendah lemak sangat erat kaitannya dengan risiko infertilitas. Berbeda dengan susu dan produk olahannya yang memiliki lemak tinggi, dimana dapat fungsinya mampu menurunkan risiko infertilitas.

7. Hindari Hal-hal yang Dapat Menurunkan Tingkat Kesuburan

Cara simple berikutnya yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kesuburan, yakni dengan menghindari hal-hal yang dapat menurunkan tingkat kesuburan. Ya, seperti kebiasaan merokok, konsumsi alcohol, konsumsi minuman bercafein dan bersoda, serta penggunaan obat-obatan terlarang.

Nah, itulah beberapa cara simple yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kesuburan, sehingga akan sangat membantu untuk menjuju kehamilan. 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *