Relaksasi PPnBM Berlaku Untuk Mobil Mewah 2500 cc, Juga Station Wagon 1500 cc

Relaksasi PPnBM Mobil 2500cc Resmi Berlaku, Aturannya Beda dari 1500cc -  CaruserMagz.com

Presiden Joko Widodo ingin relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) akan diperluas lagi hingga mobil dengan mesin berkapasitas 2.500 cc. Keinginan tersebut disambut baik oleh Kementrian Perindustrian (Kemenperin).

Berikut dibawah ini beberapa Berita viral menarik tentang kebijakan relaksasi PPnBM mobil mesin 2.500 cc, diantaranya yaitu :

  • Time Frame Kebijakan Relaksasi PPnBM Mobil Mesin 2.500 cc Akan Dievaluasi

Pada Selasa (16/3/2021), Agus berujar bahwa sesuai dengan arahan Bapak Presiden terkait time frame atau waktu pelaksanaan kebijakan relaksasi PPnBM mobil mesin 2.500 cc akan dievaluasi. Kemudian, formula aturannya bisa berdasarkan pada besaran kapasitas isi silinder yang dikombinasikan dengan local purchase, atau hanya berdasarkan pada aturan local purchase saja.

Agus menjelaskan diperlukannya hal tersebut karena ada mobil penumpang dengan kapasitas mesin diatas 1.500 cc serta memiliki local purchase tinggi (diatas 50 hingga 60 persen), belum bisa menikmati kebijakan relaksasi. Kebijakan tersebut diharapkan mampu membuat semakin bergairahnya industri otomotif dalam negeri.

  • Kebijakan Relaksasi PPnBM Mulai Berlaku Per 1 Maret

Seperti yang diketahui, relaksasi kebijakan PPnBM akan mulai berlaku per 1 Maret. Untuk saat ini kebijakan relaksasi hanya berlaku bagi mobil mobil dengan mesin maksimal 1.500 cc juga kandungan lokal minimal 70 persen, dan diproduksi didalam negeri. Agus berujar, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan kementrian keuangan.

Saat ini, mobil pribadi dengan kubikasi hinggga 2.500 cc yang diproduksi di Indonesia didominasi oleh produk SUV seperti Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Furtuner, hingga Toyota Innova. Agus juga meminta supaya produsen bisa meningkatkan utilisasi supaya bisa cepat melayani permintaan konsumen yang diklaim semakin meningkat.

  • Pemerintah Menyambut Baik Animo Masyarakat Dalam Menikmati Fasilitas Relaksasi

Agus berkata bahwa pemerintah menyambut baik animo masyarakat dalam menikmati fasilitas relaksasi tersebut, terbukti dari meningkatnya tingkat purchase order sebesar 150 persen setelah ada relaksasi PPnBM kendaraan bermotor.

Kebijakan tersebut akan berlaku hingga akhir tahun. Pemberian keringanan dilakukan secara bertahap yaitu diskon pajak 100 persen pada bulan Maret hingga Mei, diskon pajak 50 persen pada bulan Juni hingga Agustus, serta diskon pajak 25 persen pada bulan Oktober hingga Desember 2021.

  • Pemerintah Sedang Melakukan Penyempurnaan Aturan Diskon PPnBM Pembelian Mobil Baru 2500 cc

Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan mengaku bahwa pemerintah kini sedang melakukan penyempurnaan aturan diskon PPnBM pembelian mobil baru mesin 2.500 cc. Hal tersebut dipertimbangkan seiring dengan semakin banyaknya permintaan mobil diatas 1.500 cc.

  • Aturan Kebijakan Relaksasi PPnBM Tersebut Tertuang Dalam PMK

Aturan kebijakan relaksasi PPnBM tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 20/PMK.010/2021 terkait PPnBM atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang termasuk mewah berupa kendaraan bermotor tertentu yang ditanggung pemerintah anggaran tahun 2021.

  • Insentif PPnBK Juga Berlaku Untuk Semua Jenis Sedan

Dalam Pasal 2 dijelaskan bahwa insentif PPnBM mobil tersebut berlaku untuk semua jenis sedan atau station wagon dengan motor bakar cetus api atau nyala kompresi (diesel atau semi diesel) dengan kapasitas isi silinder hingga 1.500 cc.

Selain itu juga, relaksasi PPnBM berlaku bagi kendaraan bermotor pengangkutan kurang dari 10 orang termasuk pengemudi sedan atau station wagon, dengan motor bakar cetus api atau nyala kompresi dengan sistem satu garden penggerak 4×2 berkapasitas isi silinder hingga 1.500 cc.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *