5 Perawatan Mobil yang Perlu Kamu Tahu

Mobil yang dirawat dengan baik akan sangat nyaman digunakan dan berpotensi untuk berusia panjang. Beberapa perusahaan biasanya mematok usia kendaraan antara 5 sampai dengan 10 tahun usia pemakaian. Setelah itu, mobil dianggap sudah menurun kinerjanya sehingga biaya suku cadang akan semakin besar.

Namun demikian, untuk penggunaan pribadi. Usia pakai kendaraan sangat ditentukan oleh perawatan mobil itu sendiri. Oleh karena itu, ketika kendaran harus masuk perawatan jangan ditunda lagi. Toh saat ini ada pinjaman online cepat cair terbaru yang juga bisa dipakai untuk memperbaiki kendaraan di saat mendesak ataupun darurat.

Apapun jenis mobilnya baik itu mobil yang bertransmisi otomatis maupun manual, akan berusia panjang jika mendapatkan perawatan yang rutin dan intensif. Jadi, jika kamu ingin mobil kesayangan kamu berusia panjang, harus tune up atau servis secara berkala. Paling tidak, kamu harus mengetahui beberapa dasar perawatan mobil berikut ini; 

1. Ganti Oli Secara Rutin

Oli mesin, oli transmisi dan oli gardan memiliki usia pakainya masing-masing. Yang paling utama untuk diperhatikan adalah penggantian oli mesin antara 5.000 km sampai dengan 10.000 km tergantung jenis oli dan pemakaian. 

Jika mobil selalu digunakan setiap hari sebagai kendaraan operasional. Ukuran ganti oli mesin dengan oli standar sebaiknya diganti berkala setiap mencapai 5.000 km dan kelipatannya. Dengan begitu, mesin akan selalu prima.

2. Cek Kampas Rem dan Kopling

Jika kendaraan sudah digunakan sejauh 50.000 km, maka hal yang perlu diperiksa seperti kampas rem dan kopling. Kedua suku cadang ini termasuk sangat vital bagi kendaraan. Kopling yang sudah aus akan membuat mobil performa mobil lemah. Selain itu, untuk kampas rem yang sudah aus akan membuat pengereman menjadi tidak maksimal serta membahayakan bagi keselamatan.

Selain kampas rem, perlu juga diperhatikan minyak rem jangan sampai habis. Minyak rem memiliki indikator minimal dan garis maksimal. Usahakan agar minyak rem diisi sesuai dengan jenisnya serta tidak lebih dari garis batas maksimal.

3. Gunakan Coolant dibandingkan Air Radiator

Beberapa mobil lawas yang masih menggunakan air biasa atau air mineral untuk radiatornya, rata-rata memiliki masalah karat. Sehingga dampaknya akan cukup besar seperti bocor di packing head, sampai terjadinya overheat.

Oleh karena itu, sebaiknya mobil tetap menggunakan coolant. Coolant harus selalu diperiksa. Jika selalu berkurang, radiator perlu diperiksa apakah ada kebocoran atau dari jalur lainnya. Coolant pun harus dikuras dan diganti dengan cairan baru paling tidak satu tahun sekali agar kondisi radiator dan sirkulasi pendinginan mesin tetap prima. 

4. Periksa Air Wiper

Hal sepele namun kadang bisa membuat kerepotan di saat musim hujan adalah air wiper. Air wiper berfungsi untuk membantu wiper membersihkan kaca depan saat hujan atau saat berdebu sehingga menghalangi jarak pandang.

Sebaiknya menggunakan cairan wiper khusus yang aman terhadap kaca mobil sehingga saat hujan akan memberikan efek daun talas. Air hujan akan langsung luntur. Begitu juga membantu mengurangi bintik-bintik jamur bekas titik-titik air yang mengering. 

5. Periksa Aki Mobil Secara Berkala

Kondisi aki bisa diperiksa dengan menggunakan voltmeter. Jika tidak memiliki voltmeter sendiri, kamu bisa meminta mekanik di bengkel untuk memeriksanya paling tidak setiap tiga bulan sekali. Jika voltasenya sudah semakin melemah, maka bisa juga diperiksa alternatornya. JIka alternator masih bagus, kemungkinan aki sudah minta diganti.

Aki mobil yang sudah soak akan sangat menyulitkan kamu pada saat menghidupkan di pagi hari.  kondisi tersebut tentu saja akan menghambat aktivitas kamu sehari-hari. Sebagai cadangan kamu bisa membeli aki mobil lebih unggul apalagi saat ini kamu bisa membelinya secara online.

Jika kamu menggunakan pinjaman online cepat cair terbaru seperti kredivo,  pembayarannya bisa dicicil mulai dari 3,6 sampai dengan 12. Harga aki mobil rata-rata antara Rp800.000 sampai dengan Rp1.000.000 tergantung dengan jenis akhirnya.

Dengan menggunakan Kredivo kamu sudah bisa mencicil barang apapun termasuk aki mobil dengan minimal Di dalam keranjang sebesar Rp500.000.  dengan begitu kamu pun bisa menambah belanja kamu dengan barang atau aksesoris lainnya selama plafon masih mencukupi.

Kredivo memberikan plafon pinjaman untuk member premium sampai dengan 30 juta rupiah. Bunga cicilannya sangat rendah hanya 2,6% per bulan.  Selain itu pendaftaran nya juga sangat mudah dan bisa dilakukan secara online lewat aplikasinya yang bisa diunduh dari App Store maupun Google Play Store. 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *