Cara Menghitung Dana Darurat yang Ideal

Dana darurat sangat penting dipersiapkan sejak dini. Dana darurat akan membantu pada saat kondisi tidak ideal sehingga penghasilan bulanan terganggu. Jika kamu seorang karyawan, tentu dana darurat sudah menjadi salah satu yang menjadi target utama secara finansial disamping rencana-rencana lainnya.

Sayangnya tidak banyak yang melek tentang dana darurat. Rendahnya edukasi tentang dana darurat hingga berujung pada jeratan pinjaman ilegal. Pinjaman online cepat cair cukup ktp memang bisa digunakan sebagai dana darurat. Hanya saja tentu ada beberapa pertimbangan sebelum menggunakannya.

Berikut ini adalah beberapa panduan bagaimana caranya menghitung dana darurat dengan ideal. Dana darurat perlu dipersiapkan terutama bagi yang sudah punya penghasilan. Sehingga pengaturan dana yang masuk harus seimbang dengan dana yang disimpan, digunakan, maupun diposkan untuk dana darurat.

Cara Menghitung Dana Darurat untuk yang belum menikah

Bagi yang belum menikah dan sudah punya penghasilan. Dana darurat paling ideal adalah memiliki dana pokok yang bisa menghidupi selama 3-6 bulan lamanya tanpa bekerja. Artinya, kamu tetap harus menghitung dulu berapa besar pengeluaran pokok per bulan.

Pengeluaran pokok seperti makan, transportasi, dan kebutuhan paling mendasar lainnya. Perlu diperhatikan juga bahkan pengeluaran pokok adalah pengeluaran yang tidak bisa ditunda. Jika ditunda makan akan mengganggu kehidupan.

Jika rata-rata kebutuhan pokok selama satu bulan membutuhkan biaya sebesar Rp2 juta. Maka, dana darurat yang harus mengendap di tabungan adalah sebesar Rp6 juta sampai dengan Rp12 juta. Dana darurat tidak boleh disimpan dalam bentuk instrumen investasi, karena sifatnya harus mudah dicairkan kapan saja.

Jika dana darurat ingin disimpan agar tidak tergerus inflasi, maka pilih instrumen yang memang mudah cair tapi tetap punya nilai tetap. Misalnya seperti emas. Namun, tentu langkah ini tetap tidak disarankan karena dana darurat tetap harus bisa dipakai kapan saja dibutuhkan. Kondisi darurat tidak bisa diprediksi dan diperkirakan sebelumnya.  

Cara Menghitung Dana Darurat untuk yang punya tanggungan tapi belum menikah

Bagi yang sudah punya tanggungan tapi belum menikah pada dasarnya pun hampir sama. Jadi, kamu perlu menghitung kebutuhan pokok diri sendiri dan orang yang ditanggung. Makin banyak kepala dari orang yang ditanggung, maka makin banyak juga besaran dana darurat yang harus disiapkan.

Sebagai contoh, jika kamu seorang anak yang harus menanggung hidup kedua orang tua yang sudah tidak bekerja atau pensiun, maka ada tiga kepala yang harus dinafkahi. Hitung dulu kebutuhan pokoknya per bulan baru dikalikan antara 6 bulan sampai dengan 12 bulan.

Orang yang punya tanggungan perlu jangka waktu yang lebih panjang, sehingga idealnya punya dana darurat yang bisa mengcover dana pokok selama satu tahun penuh tanpa bekerja. 

Hitung-hitungan sederhananya. Jika tiga orang kepala perlu dana Rp5 juta per bulan, maka butuh dana darurat sebanyak Rp30 juta untuk 6 bulan atau Rp60 juta untuk 1 tahun penuh. 

Cara Menghitung Dana Darurat untuk yang sudah berkeluarga

Bagi yang sudah berkeluarga, idealnya menyiapkan dana darurat bukan hanya untuk 1 tahun. Diupayakan bisa memenuhi kebutuhan lebih dari 1 tahun. Karena, makin usia bertambah, makin tinggi juga risikonya. Apalagi jika pekerjaan seorang tulang punggung berada di lapangan. 

Maka, jika sudah punya keluarga atau tanggungan. Bukan hanya dana darurat saja yang diperlukan, melainkan juga asuransi. Semua dana-dana tersebut tak lain seperti dana cadangan yang memang harus disimpan. Jika dibutuhkan baru digunakan. 

Sama halnya seperti konsep lumbung padi. Pada saat punya banyak penghasilan dan pendapatan, jangan dihabiskan dalam satu kali waktu. Tetapi disimpan, lebih baik lagi jika dikembangkan dengan berbagai instrumen investasi yang menguntungkan. 

Lalu bagaimana jika terjadi kondisi darurat namun tidak ada dana darurat? Nah, pinjaman online cepat cair cukup ktp inilah yang bisa dijadikan solusi sementara. Besarannya pun harus dipertimbangkan, jangan sampai lebih dari sepertiga penghasilan. Dengan harapan bahwa dana pinjaman tersebut bisa dicicil dan dikembalikan dengan bunga yang ringan. Dengan begitu tidak terlalu memberatkan neraca keuangan.

Pinjaman online cepat cair cukup KTP bunga rendah

Salah satu pinjaman online cepat cair cukup ktp yang memberikan layanan tersebut seperti Kredifazz. Kredifazz sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK. Kredifazz memberikan layanan pinjaman tunai dengan proses mudah cukup KTP saja syaratnya.

Plafon yang diberikan kepada member Kredifazz sebesar Rp3 juta. Bunga pinjaman pun sangat rendah jika dibandingkan dengan perusahaan sejenis. Bunga pinjaman Kredifazz hanya 0.3% saja per hari dengan tenor pinjaman 3 bulan dan 6 bulan. Perlu diketahui bahwa setiap pinjaman akan dikenai biaya admin di muka sebesar 6%. 

Download aplikasinya sekarang, manfaatkan untuk berbagai kebutuhan yang lebih produktif pun bisa juga digunakan untuk alternatif mendapatkan dana darurat saat dibutuhkan. 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *