Penyebab Rambut Rontok pada Pria dan Cara Mengatasinya

Catat Bro, Inilah 7 Penyebab Rambut Rontok pada Pria 

Rambut rontok merupakan hal wajar yang dialami oleh semua orang, namun akan menimbulkan kecemasan jika rambut Anda rontok secara berlebihan. Ternyata, kerontokan tidak hanya dialami oleh wanita tapi juga pria.

Mungkin saat ini Anda sedang bertanya apa yang menyebabkan kerontokan pada rambut Anda, nah simak penjelasan mengenai beberapa penyebab rambut rontok pada pria berikut ini.

Penyebab rambut rontok pada pria

Normalnya, rambut rontok biasanya gugur diperkirakan 50-100 helai setiap harinya. Namun jika sudah melebih 100 helai daoat menyebabkan kebotakan.

Kenali apa saja penyebab rontok pada pria berikut.

  • Usia

Seiring bertambahnya usia, rambut akan mengalami kerontokan yang biasanya terjadi pada pria dengan usia di atas 50 tahun. Untuk pria yang sudah berusia 70 tahun, 4 dari 5 diantaranya dipastikan akan mengalami kebotakan.

  • Genetik

Jika salah satu anggota keluarga Anda memiliki riwayat rambut rontok, faktor keturunan atau genetik bisa menjadi penyebab utama kerontokan pada rambut. Seiring bertambah usia, kerontokan akan bertambah semakin parah dan bisa menyebabkan kebotakan.

  • Gangguan hormon

Perubahan hormon dihidrotestosteron pada pria dapat menyebabkan rambut rontok. Jika seorang pria memproduksi hormon DHT terlalu tinggi, dapat menyebabkan folikel pada rambut menjadi mengecil dan memicu terjadinya kerontokan serta sulit untuk tumbuh kembali.

  • Obat-obatan

Penggunaan obat dapat memberikan efek samping, salah satunya adalah memicu terjadinya rambut rontok. Beberapa obat yang bisa menjadi pemicu diantaranya obat untuk tekanan darah tinggi, asam urat, gangguan jantung, arthritis, depresi yang dikonsumsi dalam jangka panjang.

  • Stress

Salah satu penyebab rambut rontok pada pria selanjutnya adalah stress atau gangguan depresi. Kerontokan akibat stress bersifat sementara dan berhenti apabila Anda bisa mengendalikan perlahan stress dengan baik.

  • Terapi kanker

Kemoterapi akan memberikan efek rambut rontok parah akibat adanya radioterapi. Namun, jika terapi telah selesai rambut mungkin akan tumbuh kembali tapi tidak seperti sebelumnya.

  • Perawatan rambut

Perawatan rambut yang tanpa disadari dengan cara yang tidak baik dapat menjadi penyebab rambut pria menjadi rontok. Beberapa diantaranya yaitu menggunkan produk rambut yang mengandung bahan kimia berlebihan, mengikat rambut dengan kencang dan menggunakan peralatan penata rambut dengan suhu tinggi.

  • Kurang asupan nutrisi

Apabila Anda mengalami kekurangan nutrisi, maka rambut Anda juga akan kekurangan nutrisi dan bisa menjadi pemicu terjadinya kerontokan. Rambut yang kekurang nutrisi akan membuat rambut Anda menjadi rapuh dan mudah patah sehingga mengalami kerontokan.

Cukupi nutrisi Anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, vitamin D, protein dan biotin.

Cara mengatasi rambut rontok pada pria

Untuk mengatasi rambut rontok pada pria, Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu dengan berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Berikut beberapa cara mengatasi rambut rontok pada pria.

  • Mengelola stress dan gangguan depresi dengan baik
  • Melakukan perawatan rambut dengan tepat
  • Mencukupi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi vitamin
  • Memperbaiki pola hidup sehat
  • Menggunakan masker dan vitamin rambut
  • Menggunakan obat untuk menumbuhkan rambut seperti finasteride dan minoxidil

Rambut terbuat dari folikel yang tersusun dari keratin yang merupakan bentuk dari protein. Sehingga, Anda sangat perlu memperhatikan protein pada tubuh agar rumbut menjadi lebih kuat dan tumbuh lebih sehat.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasi pada Journal International of Trichology menyatakan bahwa pria atau wanita yang mengalami rambut rontok memiliki kadar protein asam amino yang rendah di dalam tubuh.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *