Mengenal Penyebab Dan Gejala Inkontinensia Urine

Inkontinensia Urine: Penyebab, Jenis, Gejala, Diagnosis, Pengobatan 

            Dalam dunia medis terdapat beberapa kelainan atau penyakit yang dianggap tidak berbahaya namun tetap mempengaruhi keseharian orang yang mengidapnya. Salah satu penyakit tersebut adalah Inkontinensia urine yakni kondisi dimana seseorang sulit menahan dan mengontrol keinginan untuk buang air kecil.

            Biasanya orang yang mengidap Inkontinensia Urine ini merupakan orang lanjut usia ataupun orang dengan gangguan syaraf tertentu. Meskipun penyakit Inkontinensia Urine ini bukan merupakan penyakit berbahaya tetapi tetap saja kelainan yang satu ini bisa memberikan dampak psikologis yang buruk bagi para penderitanya.

            Untuk bisa mengantisipasi penyakit atau kondisi Inkontinensia Urine seperti ini maka sebaiknya anda mulai mengenal penyebab dan juga gejala awal yang ditimbulkan dari kondisi yang satu ini. Berikut ini terdapat penjelasan mengenai penyebab dari terjadinya Inkontinensia Urine menurut gejala yang ditimbulkan.

  • Sulit menahan keinginan buang air kecil

Biasanya pada orang yang mengidap Inkontinensia Urine maka keinginannya untuk buang air kecil lebih sering terjadi dibanding orang normal lainnya. Belum lagi jika penderitanya sudah merasa ingin buang air kecil maka keinginan tersebut akan sulit untuk ditahan.

Penyebab kondisi tersebut karena otot kandung kemih pada penderita Inkontinensia Urine bekontraksi secara berlebihan.

  • Mengompol setiap ada tekanan

Biasanya pada orang yang menderita Inkontinensia urine maka ia akan mengompol ketika kandung kemih tertekan. Contohnya setiap sedang batuk, bersin, mengangkat beban, bahkan tertawa yang terlalu maka orang tersebut biasanya akan kesulitan mengontrol air kencing yang keluar.

Penyebab kondisi tersebut karena otot kandung kemih yang melemah dan tidak kuat untuk menahan tekanan dari dalam.

  • Mengompol secara tiba – tiba

Biasanya orang yang menderita Inkotinensia Urine ini juga seringkali mengompol secara tiba – tiba. Pada kasus orang dengan Inkontinensia Urine yang cukup parah maka ia akan sering mengompol secara tiba – tiba. Bahkan selama masih ada sisa urine didalam kandung kemih maka ia akan selalu mengompol.

Penyebab kondisi satu ini karena saluran pada kandung kemih biasanya mengalami penyumbatan, sehingga urine sulit keluar dan hanya bisa keluar sedikit demi sedikit sampai benar – benar habis.

  • Tidak bisa mengontrol keluarnya urine

Biasnya kondisi seperti ini diderita oleh orang yang mengalami Inkontinensia total, dimana ia sudah tidak mampu untuk mengontrol urine yang keluar dari dalam tubuhnya. Penderita Inkontinensia total ini biasanya akan terus – menerus mengeluarkan urine setiap ada cairan masuk ke kandung kemihnya.

Penyebab terjadinya kondisi seperti ini biasanya di akibatkan oleh kelainan struktur tulang panggil ataupun kandung kemih.

Lantas jika kita sudah mengalami gejal – gejala diatas, sebeanrnya kapankah kita harus mulai memeriksakan kondisi tersebut ke dokter ? Sebenarnya jika kondisi ini dari awal dirasa sudah cukup menganggu maka anda bisa langsung memeriksakannya ke dokter terkait agar bisa lebih cepat mengetahui apa penyebab utama anda mengalami Inkontinensia Urine tersebut.

Namun sebaiknya ada beberapa kondisi tertentu pada pengidap Inkontinensia Urine yang memang jika anda sudah mengalaminya, sebaiknya anda disarankan untuk segera menghubungi dokter untuk penangan lebih lanjut. Berikut beberapa kondisi yang harus diperhatikan :

  • Merasa kesemutan di bagian tubuh tertentu.
  • Merasa lemas di beberapa bagian tubuh tertentu.
  • Gangguan berjalan
  • Sulit menahan keinginan BAB
  • Gangguan bicara
  • Penglihatan yang kabur
  • Turunnya kesadaran
  • Hilangnya reflek terhadap keinginan buang air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *