Ini Dia Jenis Saham Menurut Para Ahli

Strategi BEI Gaet Unicorn Agar Tak IPO di Singapura
source gambar : fortuneidn.com

Saat ini saham merupakan salah satu investasi yang cukup populer dikalangan masyarakat, untuk jenis jenis saham di pasar uang juga sangat banyak macamnya. banyaknya jenis saham ini membuat para pemula jadi kesulitan untuk memilih saham.

            Bagi Anda yang ingin membeli sahan milik sebuah perusahaan maka pembahasan yang ada di artikel yang satu ini tidak boleh untuk Anda tinnggalkan. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai beberapa penjelasan dari jenis saham beserta contohnya. Jika Anda sudah tau mengenai jenisnya mungkin hal tersebut bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dan juga patokan supaya investasi Anda bisa berhasil.

Pengertian saham

            Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai jenis dari saham sebaiknya Anda pahami dulu mengenai pengertian dari saham. Saham ini merupakan sebuah dokumen yang berharha yang nantinya akan di terbitkan untuk dijadikan bukti kepemilikan dari sebuah perusahaan dengan cara meninvestasikan dana.

            Investasi saha ini bisanya berbentuk dalam selembar kertas yang resmi di terbitkan oleh perusahaan. Sebuah perusahaan yang sehat biasanya akan memiliki nilai jual saham yang cukup tinggi karena keuntungan yang mereka dapatkan juga tinggi.

            Saham ini jadi sebuah daya tarik bagi para investor, walaupun investasi dengan saham ini memiliki resiko yang cukup tinggi. Walaupun resikonya cukup tinggi tapi hal tersebut sesuai dengan keuntungan yang akan di dapatkan dari investasi tersebut.

Jenis-jenis saham menurut para ahli

            Didalam pasar ung terdapat beberapa jenis investasi saham, jenis saham yang diseutkan oleh para ahli di bagi berdasarkan cara pengalihan, kepemilikan, dan kinerja perdagangan. Yuk langsung saja kita bahas penjelasannya dibawah ini:

Jenis saham berdasarkan kepemilikan

Saham berdasarkan kepemilikan di bagi lagi menjadi dua, yaitu ada saham yang biasa dan ada saham preferen.

  • Saham biasa (Common Stocks)

Saham yang satu ini merupakan jenis saham yang bisa mengklaim kepemilikan tergantung keuntungan dan juga kerugian yang dihasilkan olehh para perusahaan. Para pemegang saham ini punya kewajiban yang cukup terbatas, contoh saham yang termasuk saham biasa adalah saham waran. Jika perusahaan bangkrut para pemilik saham biasa ini akan mendapatkan prioritas yang terakhir dalam pembagian keuntungannya, untuk jumlah kerugian yang ditanggung akan sesuai dengan besar dana yang diinvestasikan.

  • Saham preferen (Preferred Stocks)

Saham yang satu ini termasuk saham gabungan dari saham biasa dan juga saham obligasi. Sebenarnya saham yang satu ini sama saja dengan saham yang biasa, yang membedakannya hanya dari tingkat suku bunga keuntungan yang akan diperoleh. Suku bunga saham ini sifatnya tetap karena ada campuran dari obligasi. Pemilik saham jenis ini juga memiliki hak tebus yang bisa Anda tukarkan dengan saham biasa. Di bursa efek indonesia jenis saham yang satu punya 4 kode hurup, biasanya ada tambahan ā€œPā€ contohnya ada MYOR-P, WSBP, dan ASII.

Jenis saham berdasarkan cara pengalihannya

Jenis saham dari cara pengalihannya ini di bagi juga kedalam dua jenis, diantaranya:

  • Saham atas unjuk (Bearer Stocks)

Saham yang satu ini adalah nama kepemilikannya tidak akan tertulis dalam kertas, tujuan supaya jenis saham yang satu ini mudah untuk dipindahtangankan. Tujuan dari saham ini biasanya memang untuk di perjual belikan jadi jika ingin dipindahkan tidak harus di urus melalui badan hukum.

  • Saham Atas Nama (Registered Stocks)

Saham yang satu ini akan dibuktikan dari nama yang di tulis disebuah surat, jadi cara pengalihan sahamnya harus melalui prosedur hukum supaya bisa balik nama.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *