Resep Bubur Merah Putih Yang Legit. Cocok Untuk Acara Syukuran!

Resep Bubur Vegetarian Ini Cocok Temani di kala Hujan, Buatnya Simpel

Bubur merah putih di Indonesia banyak digunakan sebagai pendamping berbagai acara syukuran. Misalnya acara pernikahan, acara sunatan, dan acara syukuran lainnya.

Bubur ini menjadi favorit banyak orang karena selain bahan-bahannya yang mudah didapatkan, namun bubur ini juga memiliki kandungan yang legit dan rasa yang enak. Resep bubur merah putih pun terbilang mudah tidak memakan waktu yang lama.

Kenapa Disebut Bubur Merah Putih?

Bubur merah putih merupakan salah satu bubur yang terbuat dari beras ketan dan biasa disebut dengan bubur merah putih karena mengandung perpaduan dua warna antara beras dengan gula merah yang merupakan kandungan utamanya.

Merah terang yang ada dalam bubur ini juga bukan warna merah terang melainkan warna merah gelap agak kecokelatan yang berasal dari gula merah yang ada dalam kandungan bubur ini. Sementara warna putih ini berasal dari warna putih asli dari kandungan beras ketan yang merupakan bahan dasar dari bubur ini.

Asal Bubur Merah Putih?

Bubur merah putih yang merupakan bubur yang terdiri dari dua kandungan umumnya banyak dikonsumsi dan disajikan oleh masyarakat Jawa khususnya Jawa Tengah dan Jawa Barat untuk merayakan Tahun Baru Islam dan Hari Raya Idul Adha.

Bubur yang selalu disebut dengan sebutan bubur sengkolo ini sering kali ikut disajikan pada acara yang memperingati hari-hari besar seperti Idul Adha dan acara syukuran lainnya.

Bahan-Bahan Pembuatan Bubur Merah Putih

Bahan Utama:

  • 2 ½ piring nasi putih
  • 1 liter air (disesuaikan dengan jenis nasi)
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 ½ sdt garam (sesuai selera)
  • 2 sachet santan bubuk

Bahan Gula

  • 200 gram gula merah
  • 100 gram gula pasir
  • 1 lembar daun pandan
  • ½ sdt garam
  • 150 ml air

Cara Pembuatan Bubur Merah Putih

  1. Sediakan satu liter air dan tambahkan dengan nasi

Langkah awal yang harus kamu lakukan dalam membuat bubur merah putih ini adalah dengan menyiapkan satu liter air dan tambahkan dengan nasi. Setelah nasi dituangkan selanjutnya adalah menambahkan santan dan garam sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

  • Masukkan daun pandan dan masak bersamaan

Setelah itu, kamu harus memasukkan daun pandan dan masaklah. Jangan lupa untuk selalu diaduk agar air tidak menyusut.

Setelah itu, ambil sedikit bagian nasi yang sudah dimasak tadi ke wadah yang lainnya untuk digunakan sebagai bubur putih pada bagian campuran dengan bubur merahnya nanti.

  • Rebus gula merah dengan air dan bahan lainnya

Setelah itu kamu harus merebus gula merah dengan air dan ditambahkan dengan gula pasir dan garam sesuai dengan takaran rasa yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk menambahkan daun pandan sehingga bubur menjadi mendidih dan gula larut kedalam masakan tersebut.

  • Tuangkan kedalam sisa bubur sebelumnya

Setelah itu, tuangkanlah kedalam sisa bubur yang ada di panci sebelumnya dan di saring. Setelah itu masaklahn dan aduk-aduk secara terus menerus hingga beras benar-benar tanak dan air sudah menyusut. Setelah itu kamu boleh mematikan apinya.

  • Sajikan dengan wadah

Setelah bubur matang, maka kamu harus menyajikannya dengan wadah penyajian yang sesuai dengan takaran bubur ini. Jangan lupa untuk mengalasi bubur dengan daun serta meletakkan sedikit bubur putih di bagian atasnya.

Setelah itu bubur siap disajikan dan dapat dinikmati bersama keluarga tercinta.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *